google.com, pub-2032731931779399, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ternyata Rekayasa Esemka Jokowi dan Pesawat Habibie, Wong Pinter Kalah Karo Wong Bejo

Mobil Esemka dan Peswat R80 Impian BJ Habibie

Presiden Ketiga Republik Indonesia dan Presiden penemu teori sayap pesawat terbaik dunia Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dikenal dengan BJ. Habibie menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto.

BJ Habibie dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo.

BJ Habibie tertarik dengan ‘how to build commercial aircraft’ bagi rakyat Indonesia yang menjadi ide Soekarno ketika itu. Dari situlah muncul perusahaan-perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN. Bahkan sempat ramai di media sosial untuk patungan membuat pabrik pesawat asli Indonesia.

Pengamat politik Tony Rosyid mengatakan kedanti Habibie orang baik, pintar dan hebat, toh bangsa ini pernah tak menghendaki jadi presiden. Ini terjadi di tahun 1999. Laporan Pertanggungjawaban Habibie sebagai presiden ditolak di sidang MPR. Satu-satunya faktor, jika boleh dibilang begitu, adalah lepasnya Timor Timur dari Indonesia.

“Tak ada ruang dan kesempatan bagi alumni ITB ini untuk mencalonkan diri jadi presiden. Habibie berbesar hati, dan menyadari kegagalannya. Tak terlihat upaya untuk "ngotot" mencalonkan diri. Dan memang, tampak Habibie bukan tipe manusia yang ambisius untuk menjadi presiden,” ucapnya

Lagi-lagi ini soal nasib. Untuk menjadi presiden tidak saja butuh syarat baik, jujur dan pintar, berkapasitas dan punya integritas, tapi juga nasib baik. Faktor terakhir inilah yang menentukan.

“Beda Habibie, beda Jokowi. Untuk Jokowi, modal Esemka cukup untuk mensukseskannya jadi Gubernur DKI dan kemudian jadi presiden. Bahkan dua periode. Ini soal nasib. Kendati banyak yang mempersoalkan janji politiknya. Tapi, Jokowi punya takdir yang tak dimiliki Habibi,”

Ternyata, pengalaman dan kehebatan membuat kapal terbang kalah nasib dengan mobil Esemkanya anak-anak dari tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surakarta binaan pemilik bengkel bernama Sukiat.

Sekali lagi, ini bukan soal kehebatan. Ini bukan soal kapasity dan integrity. Bukan soal baik dan pintar. Tapi ini soal nasib. "Wong pinter kalah Karo wong bejo", begitu kata pepatah Jawa. Hanya Tuhan yang punya otoritas untuk menentukan variabel bejo itu.

“Membandingkan integritas dan kapasitas kedua presiden ini akan menjadi pelajaran penting dan berharga bagi bangsa ini untuk menatap masa depannya. Khususnya di dalam memaknai kembali visi bangsa dan praktek demokrasi yang selama ini berjalan di negeri ini. Sebab, setiap sistem dan praktek demokrasi akan menentukan setidaknya dua hal. Pertama, tipe pemimpin seperti apa yang akan lahir. Kedua, bagaimana nasib bangsa ini kedepan,” pungkas Tony.


Baca juga:
Akankan Jokowi dilantik