google.com, pub-2032731931779399, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Banser dan Ansor Genuk Berbagi Puluhan Ribu Takjil di Jalanan


Makan dan minuman beragam jenis terkumpul di Gedung Serba Guna GP Ansor. Mulai dari makanan padat berupa nasi dengan bermacam jenis bungkus. Ada yang berbungkus kertas, steorofon, hingga dan daun pisang. Begitupun juga dengan beragam minuman, selain beragam jenis pembungkus. Juga beragam jenis minuman mulai dari kolak, es buah, es sirup, es cendol, pada dasarnya ada dua minuman yakni dingin dan panas. Bahkan selain persoalan nasi dan minuman, ada juga yang membawa gorengan, roti, dan jajanan ringan.

Makanan dan minuman serta jajanan ringan tersebut kesemuanya disebut takjil. Karena bulan ini bertepatan dengan bulan suci ramadan dan takjil tersebut akan dibagikan kepada masyarakat. Takjil sendiri dapat diartikan sebagai makanan pembuka puasa, karena umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk sesegera mungkin berbuka ketika terdengar waktunya berbuka puasa. Takjil tersebut inilah yang menjadi pembuka, supaya mensegerakan berbuka puasa.

Kalau dihitung satu persatu dari makanan dan minuman tersebut, akan mendapatkan jumlah yang hanya bisa dikira-kira. Bisa jadi jumlah makanan dan minuman tersebut mencapai sepuluh ribu lebih. Lha kok bisa sampai segitu, tentu akan bertanya bagaimana mendapatkan takjil tersebut.

Struktur masyarakat kita merupakan masyarakat yang memiliki kepedulian dalam berbagi, apalagi berbagi makanan dan minuman di bulan suci ramadan. Sebab barangsiapa yang memberikan buka puasa memiliki pahala yang besar, sebesar orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Takjil didapat dari anggota GP Ansor dan Baser se-Kecamatan Genuk. Selain dari internal sendiri, takjil tersebut didapat dari setiap mushola dan masjid, sebab berbagi takjil diumumkan kepada masyarakat. Sehingga tajil tersebut didapat dari masyarakat yang sengaja dikumpulkan di mushola atuapun masjid untuk memudahkan pengambilan.

Itulah perjalanan GP Ansor dan Banser Genuk Kota Semarang dalam memeriahkan kegiatan amalan ramadan yakni berbagi takjil. Takjil dibagikan ke pengguna jalan Woltermonginsidi Genuk, dimana juga Kantor PAC GP Ansor Genuk berkedudukan disitu yang masuk wilayah kelurahan Banjardowo.

Sebelum pembagian tajil dimulai pasukan Banser dan Ansor melaksanakan apel yang dipimpin Komandan Banser Genuk Zainul Kamil yang didampingi perwakilan Polsek Genuk. Turut hadir juga Dewan Pembina GP Ansor H. Sodri, SH yang saat ini juga menjadi Anggota DPRD Kota Semarang, Rabu (15/5/2019)

Mashudi Ketua PAC GP Ansor Genuk sangat berterima kasih kepada semua jajarannya dalam partisipasinya dalam agenda rutinan ramadan yakni kegiatan amalan ramadan 2019. Berbagi takjil merupakan kegiatan rutinan tahunan, yang hingga kini terus berlangsung dan dilestarikan.